Selasa, 07 November 2017

Transformasi Digital - Agen Asuransi Terancam ?

Tentu kita masih ingat di era 80 an dan 90 an kita masih menikmati lagu-lagu nge-hit melalui kaset yang ada pitanya, beranjak milenium di  2000an, mulai berganti menjadi CD ( compact disc) atau kalau anak diskotik pasti mengenal laser disc..
Bagimana sekarang...CD sudah mulai ditinggalkan dan mulai orang dengan mudah mendown load lagu untuk mendengarkan musik musik favorit nya.
Contoh lain, tentunya Anda masih ingat era saat kita memotret dengan kamera dengan  media simpan foto film ( klise) kemudian menjadi mini CD kemudian sekarang ini tinggal menjadi seukuran kuku yg disebut SD card ...
WoW...perubahan yang saya kira pada saat itu orang tidak terpikirkan...namun menjadi perubahan yg sangat luar biasa
Silahkan Anda tanya ke Oom google, berapa banyak perusahaan yg kolaps dari perubahan itu ( baca: karyawan yg tidak terpakai lagi)
Perubahan-perubahan diatas tersebut bahasa kerennya " Transformasi Digital"
Terus apa hubungannya dengan kita orang asuransi...well...
Saya tidak promosi jika menyebutkan nama perusahaan di tulisan dibawah ini.
Anda tahu Traveloka kan? yess !!! mereka bisa jual tiket murah & service dari berbagai maskapai penerbangan dengan berbagai hal yg dapat memenuhi keinginan customer.
Nah, didunia asuransi sudah muncul travelokanya asuransi , ada broker online yang dapat menyediakan asuransi jiwa ( kesehatan, HCP, perlindungan jiwa dll) maupun kerugian ( asset bangunan, kendaraan dll).
Dengan smartphone ditangan, calon customer sudah bisa memilih kebutuhan asuransinya dengan premi maupun benefit yang diinginkan tanpa capek-capek bicara atau ketemu dengan marketing ( apalagi ke kantor asuransi) dan istimewanya lagi customer sangat leluasa bisa memilih perusahaan asuransi mana saja.
Isi kelengkapan data dengan online, bayar melalui transfer, kemudian polis dikirimkan.... caooo.... selesai deh punya polis asuransi. Nggak butuh marketing kan..
Nggak percaya , silahkan buka situs www.futuready.com , ini situs yang saat ini merupakan satu-satunya broker di Indonesia yang sudah mendapat ijin OJK untuk jual asuransi secara online. Tidak menutup kemungkinan akan muncul situs-situs yang lain yang sejenis (bisa jadi setyawanroses.insurance.com lho..😀)
Tet tet..tettttttt Transformasi Digital Asuransi sudah dimulai !
Ok, jadi profesi agen asuransi terancam dunk..
Well , penulis punya satu prinsip ( yg saat ini masih relevan..).. "Era digital ( mesin) diciptakan oleh manusia, manusia tidak semestinya kalah dg ciptaannya !" Caranya ?
Ide-ide :
1. Tidak ada alasan untuk tidak mengerti internet dan mulai menggunakan media-media digital yang ada ( Vlog, Blog, Web dll) untuk saran menjaring insurance client
2. Smart Phone used by smart people", maximalkan smartphone kita untuk mendekatkan dg calon clien insurane, bukan terlena menggunakan smartphone untuk kesenangan saja.
3. Perkuat silaturahmi dan komunikasi yang  mesin tidak akan pernah bisa lakukan.
4. Berikan pelayanan terbaik, "Service Excellent not Service Nyebelint", before and after selling.
5......
6......
Lho, point 5 & 6 kog kosong..
heheheeeh saya kira tulisan ini terbaca oleh smart people yang tentunya smart idea...
Silahkan Tambahkan ide-ide Anda

Semoga tulisan ini bermanfaat,
Lebih lengkap silahkan klik www.setyawanroses.com atau vlog: Setyawan Roses #Insuranceman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya, silahkan Klik: https://www.linkedin.com/pub/setyawan-roses/44/583/bba

Foto saya
Peduli & Concern Tentang Sales - Saving & Personal Financial Planning