Kamis, 28 Januari 2016

Siapa Bilang Asuransi Kesehatan Mahal !

Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu ternyata preminya terjangkau dan memberikan banyak perlindungan


Banyak anggapan bahwa premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu mahal. Mungkin karena alasan itu masih sedikit orang yang mempunyai asuransi tersebut. Sebenarnya masing-masing item asuransi mempunyai Cost of Insurance atau biaya asuransi.
Dari itu sebenarnya kita bisa menilai seberapa harga sebenarnya masing-masing item asuransi. Mungkin juga alasan manfaat yang didapat dibanding dengan preminya terlalu sedikit. Seharusnya agen asuransi menawarkan yang terbaik untuk kepentingan calon nasabah bukan semata-mata untuk kepentingan agen asuransi itu sendiri.

“Dari total penduduk Indonesia sebesar 240 juta jiwa, hanya sekitar 43,7 juta orang atau hanya sekitar 18 persen dari total penduduk Indonesia yang memiliki perlindungan asuransi jiwa. Dan dari 43,7 juta orang tersebut, hanya sekitar 11 juta orang atau hanya 4,5 persen dari total populasi yang memiliki asuransi jiwa individu,” kata Hendrisman Rahim sebagai Ketua Umum AAJI saat konferensi pers di kantor AAJI di Plaza Office Tower Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Asuransi yang banyak dipasarkan akhir-akhir ini adalah asuransi unit link. Yang memberikan dua manfaat sekaligus, yakni manfaat perlindungan santunan asuransi jiwa dan manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai. Adapun manfaat asuransi yang terkandung dalam unit link tidak berbeda dengan proteksi yang diberikan jenis asuransi jiwa tradisioanal, yakni manfaat meninggal dunia, manfaat santunan kesehatan, dan manfaat lainnya sesuai program yang dipilih. Dengan masa premi selama 10 tahun nilau tunai yang bisa kita ambil minimal adalah 50% dari jumlah premi yang kita bayar.

Saya sudah melakukan survey dengan cara meminta ilustrasi di agen asuransi yang mempunyai website. Hasil analisanya adalah sebagai berikut :

– Ada agen asuransi yang tidak memberikan manfaat yang bagus secara langsung. Setelah ada balasan dari calon nasabah baru kemudian agen memberikannya. Itu kalau calon nasabah sudah mengerti sebelumnya berbagai macam manfaat asuransi. Kalau tidak dan calon nasabah langsung mempercayainya maka calon nasabah akan merugi seumur hidup atau sampai polis ditutup.

Manfaat asuransi kesehatan bisa sistem reimburst dan sistem kartu provider (cashless). Ada agen yang menawarkan pertama kali adalah sistem reimburst. Memang ada perbedaan biaya asuransi. Namun sebaiknya, keduanya harus ditawarkan kepada calon nasabah. Calon nasabah yang akan memutuskan sendiri. Perlindungan rawat inap di rumah sakit ada dua macam. Pertama manfaat santunan harian rawat inap di rumah sakit dan penggantian aneka biaya rawat inap di rumah sakit dengan plafon kamar. Manfaat santunan harian rawat inap di rumah sakit biasanya dengan sistem reimburst. 

Penggantian aneka biaya rawat inap di rumah sakit dengan plafon kamar biasanya dengan sistem kartu provider. Sebaiknya kita mengambil asuransi dengan penggantian aneka biaya rawat inap di rumah sakit dengan plafon kamar dengan sistem kartu provider.
Karena mempunyai kelebihan :
a. tidak perlu mengeluarkan uang sendiri dulu
b. jumlah pertanggungan lebih besar

Misalnya:
Rawat inap 10 hari, jika sistem santunan harian 500ribu per hari maka yang ditanggung hanya 5 juta. Ini jumlah yang lebih kecil dari seluruh biaya rawat inap 10 hari. Kalau sistem penggantian penuh dengan plafon kamar misal 300 ribu per hari. Maka seluruh tagihan ditanggung asuransi.

– Terlalu banyak alokasi premi yang dialokasikan untuk investasi dibandingkan dengan total biaya asuransi. Seharusnya calon nasabah diberikan beberapa pilihan mulai dari pilihan investasi minimal sampai pilihan investasi tinggi.

– Terlalu panjang masa premi s.d. 20 tahun
Biasanya dengan hanya masa premi 10 tahun sudah bisa memberikan perlindungan maksimal

– Ada batasan minimal mengambil manfaat pada tingkat tidak terendah.
Misal untuk plan A sudah tidak ada dan diharuskan sekarang start dari plan B.  Maka calon nasabah dengan budget minimal akan sulit ikut asuransi.

Memang setiap produk asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Dan ternyata ada asuransi jiwa dan kesehatan yang paling terjangkau dan memberikan banyak perlindungan serta mempunyai nilai investasi yang optimal (20% per tahun). Yaitu asuransi dari Sinarmas MSIG Life dari perencanakeuangan.org yang memiliki RS Rekanan di hampir setiap kota besar.




Untuk informasi detail hubungi saya

 SETYAWAN
08122789402 – 082122027171
setyawanroses@gmail.com
 
Jangan memutuskan ikut asuransi jiwa dan kesehatan sebelum mempertimbangkan asuransi SinarmasMSIG dari perencanakeuangan.org




















mixed & source from : aris trijayadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya, silahkan Klik: https://www.linkedin.com/pub/setyawan-roses/44/583/bba

Foto saya
Peduli & Concern Tentang Sales - Saving & Personal Financial Planning