Kamis, 18 Desember 2014

Pemenang Sejati



Sukses Adalah Milik Pemenang Sejati

"Pemenang sejati tahu bahwa kekalahan adalah bagian dari proses untuk menang. Orang-orang yang kalah dalam hidupnya hanya berpikir pemenang tidak pernah kalah. Orang yang selalu kalah (pecundang) adalah orang yang hanya mampu bermimpi untuk menang dan melakukan semua hal yang mungkin untuk menghindari kesalahan,“ Kalimat tersebut ditulis oleh Robert T. Kiyosaki, seorang usahawan, motivator dan penulis terkenal. Salah satu bukunya yang laris adalah Rich Dad Poor Dad.
Orang sukses tampak menonjol dari orang lain karena dia belajar lebih banyak dari orang lain. Hidup adalah lautan ilmu. Di mana saja kita bisa belajar dan memang harus terus belajar hingga akhir hayat.
Sukses adalah pencapaian terbaik dari setiap usaha yang telah kita lakukan. Mengartikan pencapaian terbaik tidaklah sama dengan memperoleh peringkat terbaik. Pencapaian terbaik adalah hasil yang telah kita peroleh dari hasil kerja keras secara maksimal.
Bingung dengan kalimat di atas? Ibaratkan seorang pelari yang akan berlomba. Jauh sebelum lomba dimulai, ia sudah menyiapkan diri secara optimal, karena berniat memberikan upayanya yang terbaik. Saat perlombaan dimulai, ia mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk memenangkan lomba. Ternyata, setelah lomba berakhir ia hanya menduduki peringkat ke 3.
Apakah dengan demikian ia tidak sukses?
Sebelum berlomba, pelari tadi berniat memberikan upaya terbaik, dan ia telah berhasil melakukannya. Dengan demikian, bisa dikatakan ia telah sukses. Kalaupun ia hanya menduduki posisi ke 3, itu hanya berarti ada 2 orang yang kemampuannya lebih baik.
Apabila pelari tadi berpikir sebagaimana orang sukses, ia akan melihat hasil lomba sebagai alat ukur kemampuan. Dengan mengetahui ada 2 orang yang saat ini kemampuannya lebih baik, ia mengetahui di lain kesempatan berapa banyak lagi upaya yang harus dikerahkannya untuk merebut gelar nomor 1.
Ingat ketika waktu kita masih kecil dan belajar berjalan ? Ketika kita belajar berjalan pasti kita akan merasakan jatuh. Apa jadinya ketika terjatuh membuat kita takut kembali belajar berjalan? Tentu saat ini kita masih belum bisa berjalan. Begitu pula dalam kehidupan nyata, kegagalan diibaratkan jatuh. Bila ingin sukses teruslah belajar dan mengevaluasi kegagalan bukannya berhenti. Jadikan kekalahan dan kegagalan sebagai bagian jalan menuju kesuksesan.
Bagi orang sukses, hidup adalah peluang untuk mencapai kesuksesan. Kiat-kiat berikut ini disarikan dari hasil penelitian terhadap orang-orang sukses. Apa sebenarnya yang mereka ketahui dan lakukan untuk menjadi sukses?
Berikut kiat menjadi orang sukses yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda:
1. Orang sukses mau mengambil resiko. Mereka berupaya untuk mencapai target, melakukan penghematan, membangun relasi dengan banyak orang dan gesit mencoba sesuatu yang baru guna mengikuti perkembangan zaman, dan mau terus mengambil resiko untuk meraih sukses.
2. Orang sukses percaya diri dan merasakan bahwa mereka berbuat sesuatu untuk dunia. Mereka memandang sebuah dunia sebagai sesuatu yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya. Mereka tetap bekerja sesuai ketrampilan mereka, sambil tetap menyadari bahwa ketrampilan ini memberi nilai kepada ketrampilan lainnya. Mereka juga sadar, karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka.
3.  Orang sukses menikmati apa yang sedang mereka lakukan. Mereka mampu melihat pekerjaan sebagai kesenangan, mereka memilih bekerja di mana mereka dapat unggul. Orang sukses menyukai tantangan, mereka menikmati pencapaian puncak permainan mereka, apakah di pekerjaan, lapangan tennis atau lapangan golf.
4  Orang sukses adalah pelajar seumur hidup. Mereka menyadari, pendidikan tak pernah berakhir tapi dimulai di setiap tingkatan kehidupan dan terus berlanjut hingga akhir kehidupan. Pendidikan tidak terbatas di ruang kelas, artinya mencoba ide baru, membaca buku, surat kabar, majalah dan menggunakan internet merupakan bentuk pendidikan pula.
5. Orang sukses berpandangan positif terhadap apa yang dapat mereka kerjakan, dan ini meluas pada hal-hal lain. Mereka percaya gelas itu setengah penuh dan bukan setengah kosong. Mereka menanamkan semangat pada diri sendiri dan dapat membayangkan diri mereka berhasil menyelesaikan suatu tugas sulit atau mencapai penghargaan tertinggi.
6. Orang sukses punya banyak cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga dapat terus berkarya lebih baik dari yang lain.
7. Orang sukses menyelesaikan tugas tidak dengan setengah-tengah, dan mereka menggunakan cara kreatif dalam meraih sukses. Meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama, mereka akhirnya melampaui garis finish. Mereka memanfaatkan waktu dengan baik dalam mensinergikan kemampuan fisik dan mental untuk mencapai sukses.

Selamat mencoba dan meraih sukses Anda,

source : Dari Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya, silahkan Klik: https://www.linkedin.com/pub/setyawan-roses/44/583/bba

Foto saya
Peduli & Concern Tentang Sales - Saving & Personal Financial Planning